Kronik Riwayat Singkat Kebatinan dan Kepercayaan

penghayat aliran kepercayaan by gmni sumedangINILAH  daftar organisasi penghayat kepercayaan terhadap  Ketuhanan Yang  Mahaesa di seluruh indonesia akhir Maret 1982. DKI Jakarta 01. Aliran Kebatinan Perjalanan 02. Budi Luhur 03. Fouhurm Sawyo Tunggal 04. Gayuh Urip Utami (Gautami) 05. Himpinan amanat Rakyat Indonesia (HARI) 06. Ngudi Kawruh Rasa Jati 07. Marsudi Kaluhuraning Budi Pakerti (mekar Budi) 08. Musyawarah Agung Warana […]
penghayat aliran kepercayaan by gmni sumedang
INILAH  daftar organisasi penghayat kepercayaan terhadap  Ketuhanan Yang  Mahaesa di seluruh indonesia akhir Maret 1982.
DKI Jakarta
01. Aliran Kebatinan Perjalanan
02. Budi Luhur
03. Fouhurm Sawyo Tunggal
04. Gayuh Urip Utami (Gautami)
05. Himpinan amanat Rakyat Indonesia (HARI)
06. Ngudi Kawruh Rasa Jati
07. Marsudi Kaluhuraning Budi Pakerti (mekar Budi)
08. Musyawarah Agung Warana (MAWAR)
09. Ngesti Kasampuranan
10. Organisai Kebatinan Satuan Rakyat Indonesia “Murni” (SRI MURNI)
11. Paguyuban Kebatinan Ilmu Hak
12. Pahuyuban Ki Ageng Selo
13. Paguyuban Ngesti Tunggal
14. Pasguyuban Penghayat Kapribaden
15. Paguyuban Sumarah
16. Pangudi Ilmu Kebatinan Intisarining Rasa (PIKIR)
17. Pangusdi Ilmu Kapercayan Hidup Sempura (PIKHS)
18. Perhimpunan Perikemanusiaan
19. Susila Budi Dharma (SUBUD)
20. Persatuan Warga Theosofi Indonesia (PERWARTHIN)
21. Purbaning Laampah Sejati
22. Sri Langeng
23. Sri Budaya
24. Setra Jendra Hayuningrat Pangruktining Diyu
25. Tri Sabda Tunggal
26. Tunggal Sabda Jati
27. Wisma Tata Naluri
Jawa Barat
28. Aliran Kepercayaan Aji Dipa
29. Aliran kepercayaan Lebak Cawene
30. Buri Rahayu
31. Paguyuban Adat Cara Karuhun
32. Perjalanan Budi Daya
Jawa Tengah
33. Badan Kebatinan Indoonesia
34. Badan Keluarga Kebatinan Wisnu
35. Elang Mangku Negara
36. Hidaya Jati Ranggawarsita
37. Hidup Betula
38. Himpunan Kebatinan rukun Wargo
39. Ilmu Kasampurnan Jati
40. Jaya Sampurna
41. Kalimasada Rasa Sejati
42. Kasampurnan
43. Kawruh Hak
44. Kawruh Kapribaden
45. Kawruh Naluri batin Tulis Tanpa Papan Kasunyatan jati
46. Kawruh Roso Sejati
47. Kawruh Urip Sejati
48. Kejaten
49. Kejawen
50. Kejiwaan
51. Langgeng Suci
52. Ngudi Utomo
53. Paguyuban Anggayuh Katentremaning Urip (AKU)
54. Paguyuban Budi Sejati
55. Paguyuban Jawa Naluri
56. Paguyuban Hastho Broto
57. Paguyuban Kawruh Kodrating Pangeran
58. Paguyuban Kolowargo Kapribaden
59. Paguyuban Ngesti jati
60. Paguyuban Olah Rasa Mulat Sariro Ngesti Tunggal
61. Papandaya
62. Paguyuban Pangudi Kawruh Kasuksman Panunggalan
63. Paguyuban Ulah Rasa Batin ( PURBA)
64. Pangudi Rahayuning Bawana (PARABA)
65. Pangudsi Rahayuning Budhi (PRABU)
66. Paguyuban Muda Dharma Indonesia
67. Pembangunan Kebatinan Kepribadian Rakyat Indonesia Bonda kejawan ( PERKRI Bonda kejawan)
68. Penghayat Kepercayaan Paguyuban Noerwanto (PKPN)
69. Paguyuban Trijaya
70. Perjalanan Triluhur
71. Persatuan Rwsik Kubur Jero Tengah
72. Pirukunan Kawulo Manembah /gusti (PKMG)
73. Pramono Sejati
74. Pribadi
75. Purwo Ayu Mardi Utomo
76. Ratu Adil
77. Satana Dharma majapahit dan Pancasila (SAHDAR MAPAN)
78. Mustiko Sejati
79. Seserepan ‘45
80. Seserepan Kepribadian Intisari (SKI ’45)
81. Setia Budi Perjanjian 45 (SBP 45)
82. Suksma Sejati
83. Tujuh Mulya
84. Wayah Kaki
85. Waspodo
86. Wratama Wedyanata Karya
87. Wringin Seta
DI Yogyakarta
88. Angeasti Samurnaning Kautaman
89. Panggayuh Panglereming Napsu
90. Hak Sejati
91. Hangudi Bawana Tata Laahir dan Batin
92. Imbal Wacono
93. Kasampurnan Jati
94. Kelompok Stu Pahing
95. Mardi Santosaning Budi (MSB)
96. Minggu Kliwon
97. Ngesti Roso
98. Ngesti Roso Sejati
99. Paguyuban Jawi Lugu
100. Paguuban Kawruh Hardo Puruso
101. Paguuban Kaabudayan Jawi (PKD)
102. Paguyuban Kerabat Anurogo Sri Sadono
103. Paguyuban Keluarga Keris Mataram
104. Paguyuban Rebo Wage
105. Paguyuban Sangkara Muda
106. Paguyuban Tata Tentrem (Patrem Indonesia)
107. Paguyuban Traju Mas
108. Perguruan Das
109. Parsatuan Eklaing Budi Murko
110. Sumarah Purbo
111. Tuntunan Keohanian Sapta Darma
112. Yayasan Sosrokartono
Jawa Timur
113. Aliran Kebatinan Tak Bernama
114. Aliran Seni dan Keercayaan Terhadap Tuhan Yang mahasesa Angesti Sampurnaning Kautamanb (ASK)
115. Babagan Kasampurnan
116. Badan Kebatinan rila
117. Cakramanggilingan
118. Himpunan Murid dan Wakil Murid Ilmu Sejati R.Prawiro Soedarso (HIMUWIS RAPRA)
119. Induk Wargo Kawruh Utomo
120. Jawi Wisnu
121. Jendra Hayuningrat Wisdada tunggal (PANDHAWA)
122. Kahuriipan
123. Kapiayan
124. Kapribaden Upasana
125. Kasampurnan Ketuhanan Awal dan Akhir
126. Kawruh Gusti Sejati Kawedar
127. Kawruh kasampurnan sangkan paranBudi Luhur
128. Kawruh Budhi Jati
129. Kawruh Kasunyatan Kasmpurnan Pusoko Budi utomo
130. Kawruh Pamungkas Jati Titi Jaya Sampurna
131. Kawruh Sangkan Paraning dumadi
132. Kawruh Panggayuh Esti (KAPTI)
133. Kawruh Sadulur Sejati
134. Keakraban / Kekadangan Ngesti Tunggal (KKNT)
135. Kebatinan 09 Pambuko Jiwo
136. Kekadangan / Keakraban Memayu Hayuning Bawana
137. Kepercayaan Gunung Jati
138. Kepercayaan Sapta Darma Indonesia
139. Ketuhanan Kasampurnan
140. Kodratolah Manembah Goibing Pangeran
141. Margo Suci Rahayu (MSR)
142. Paguyuban Darma Bakti
143. Paguyuban Ilmu Sangkan Paraning dumadi “Sanggar kencono”
144. Paguyuban Kawruh Batin Kasunyatan Simbul “101”
145. Paguyuban Kawruh Batin tulis Tanpa Papan Kasunyatan
146. Paguyuban Kawruh Kebatinan Jiwo Lugu
147. Paguyuban Kawruh Murti Tomo Wasito tunggal
148. Paguyuban Kawruh Sangkan Paran Kasampurnan
149. Paguyuban Kawruh Sasongko
150. Paguyuban Lebdo Guno gumelar
151. Paguyuban Manunggaling Karso
152. Paguyuban Pangudi Katentreman (PATREM)
153. Paguyuban Sartiyo Mangun Mardiko Dununge Urip
154. Paguyuban Ngesti Budi Sejati
155. Paham Jiwa Diri Pribadi
156. Panembah Jati
157. Pangruktti Memetri Kasucian Sejati a( PAMEKAS)
158. Pelajar Kawruh Jiwo (PKJ)
159. Perguruan Ilmu Sejati
160. Perhimpunan kamanungsan
161. Perhimpunan Kepribadian Indonesia
162. Purwaning Dumadi Kautaman/Kasampurnan (PDKK)
163. Rasa manunggal
164. Dasa Sila
165. Budi Rahayu
166. Sujud maanembah Bekti
167. Tri Murti Naluri Majapahit
168. Urip Sejati
NTT
169. Ata Kafi
170. Era Wula Watu Tana
171. Guna Lero Wulan Dewa Tanah Ekan
172. Jingitiu
173. Lera Wulan Tana Ekan
174. Marapu
NTB
175. Hidup Sejati
Bali
176. Budi Suci
177. Kekeluragaan
178. Magapokan
179. Wisnu Budha/Eka Adnyana
Kalimantan Timur
180. Adat Lawas
181. Kaharingan Dayak Maanyan banna Lima Paju empat dan Paju Sepuluh
Kalimantan Tengah
182. Babolin
183. Babukung
184. Basora
185. Bolin
186. Hajatan
187. Kaharingan Dayak Luwanganb: 1.Stangkai; 2 Toyo
188. Kaharingan Daya Maanyan Pumbung
189. Kepercayaan A. Halu
190. Ngoja
Sunatera Utara
191. Aliran Mulajadi Nabolon
192. Slima Pamena
193. Cahaya Kesuma
194. Galih Puji Rahayu
195. Golongan Si Raja Batak
196. Habonaron Do Bona
197. Persatuan Ugamo Parmalin/Adat Budaya Beringin Indonesia
198. Puro Madio Wasono
199. Ugamo Parmalin Budya Batak
Lampung
200. Ilmu Gaib
201. Ilmu Goib Kodrat alam
202. Paguyuban Pendidikan Ilmu Kerohanian (PPIK)
203. Purwo Deksono
Sumatera Selatan
204. Persatuan Kepercayaan Krida Sempurna
Sulawesi Utara
205. Kepercayaan G. Adat. Musi
206. Mangimang Sumabu duata
207. Pompungan Waya Si Opo Ompung
208. Ramuat, Ali Maie, Ayax, Ilfried (RAMAI)
209. Paompungan
Kronik Riwayat Singkat Kebatinan dan Kepercayaan
UUD 1945 UUD Ps. 29 berbunyi:  “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaanya itu”
Kata ‘kepercayaan” dimasukkan atas usul Mr. Wongsonegoro dengan arti Kebatinan. (Baca juga: Budaya Kejawen 1 Syuro)
NB. Pada tahun 1950 dihitung di Indonesia sudah ada 78 aliran kebatinan. Jumlah itu naik sampai tahun 1964 menjadi 300-an lebih. Antara tahun 1964 dan 1971 sejumlah besar dilarang, dibekukan atau membubarkan diri. (Baca juga: Tempat Kebatinan dalam Pasamuan Katolik (1)
Jaksa Agung melaporkan bahwa pada 15 November 1971 sebanyak 167 aliran telah dilarang. Tetapi pada bulan April 1972 terdaftar pada Sekretariat Kerjasama Kepercayaan 644 aliran, pusat maupun cabang. (Baca juga: Budaya-Budaya Kejawaan Secara Global (2)
Terbagi sebagai berikut: Jawa Tengah 257 aliran, Jawa Barat: 83, DIY: 70, Jawa Timur: 55 Sumatera 96, Indonesia Timur 26
  • 1945-1952. Bertambahnya alira-aliran kebatinan di seluruh Indonesia.
  • 1952. Diskusi dalam DPR tentang anarkisme agama-agama bikinan. Usul Departemen Agama untuk melarang semua agama yang tidak memenuhi definisi: adanya nabi, kitab suci dan tersebarnya di luar negeri. Usul ditarik kembali.
  • 1953. Departemen Agama memberitahukan adanya 360 “agama baru”.
  • 1954. Departemen Agama mendirikan pengawasan aliran dan kepercayaan masyarakat yang disebut PAKEM dan menentukan kebijakan pada Raker Tretes 1955.
  • 1955. Didirikan Badan Konggres Kebatinan Indonesia (BKKI) di Semarang, 70 aliran, Ketua Wongsonegoro (bekas Menteri PPK). Definisi Kebatinan I: “Sepi ing pamrih, rame ing gawe,amayu hayuning bawana”.
  • 1956. Konggres BKKP II Solo, definisi Kebatinan I : ”Kebatinan adalah sumber asas dari sila Ketuhanan yang Mahaesa”. Dalam definisi ini pengalaman batin ditanjakkan menjadi inti hidup rohani. Dimensi batin manusia membuktikan kesatuan segala yang ada dan merupakan pengetahuan kesatuan; pengetahuan itu hanya dapat dicapai secara intuitif dengan rasa, tak dapat diuraikan secara rasional.
  • 1956-1962. Kongres dan Seminar di Jakarta, Malang, Solo tentang Kebatinan dan pendidikan, kepribadian nasional, nisbah dengan agama, dengan Manipol Usdek, tentang damai dunia.
  • 1960. PAKEM diambil alih oleh Kejaksaan.
  • 1962. UU Pokok Kepolisian Ps.3 pengawasan preventif terhadap aliran-aliran kepercayaan.
  • 1965. Pen.Pres, I menghukum penodaan 6 agama resmi oleh aliran kebatinan, yang diusahakan agar disalurkan ke arah pandangan sehat dan ketuhanan YME. Simposium PAKEM BKKI tentang klenik; pertemuan periodik PAKEM dan aliran masing-masing.
  • 1966. Didirikannya Badan Musyawarah Kebatinan dalam Sekber GOLKAR.
  • 1968. PUKSI Paguyuban Ulah kebatinan se Indonesia berdiri.
  • 1970.Nopember. Simposium Nasinal Yogya minta Pengakuan resmi menurut Ps. 28 UUD Desember : MUNAS Kepercayaan Yogya meyediakan delegasi kepada Presiden Suharto (20 Januari 70) untuk minta legalitas Kebatinan, pendidikan moral Pancasila, Hari Raya 1 Syuro.
  • 1971. SKK: Sekretariat Kerjasama Kepercayaan Indonesia.Didirikan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Aliran Masyarakat oleh Kejaaksanaan Agung. Menurut Jaksa Agung terdapatlah 282 aliran SKK, sedang 167 aliran telah dilarang olehnya.Reorganisasi PAKEM. Protes Senat IAIN Yogya menentang penafsiran Ps.28 UUD, seperti yang dikemukakan MUNAS Kebatinan.
  • 1972. Perayaan 1 Syuro di Senayan, disambut oleh Presiden, yang mendesak pembangunan rohani, dan oleh Menteri Agama yang memisahkan kebatinan dari agama. Berita PAKEM tentang adanya 427 Cabang Kebatinan, terdiri dari 217 aliran. Penetapan Jaksa Tinggi Jawa Timur Purwanto SH (46 aliran) tentang syarat pengakuan: tidak datang dari luar negeri (bdk.Sub 19520, sesuai dengan Pancasila, menanam kerukunan dan keamanan. Jaksa Tinggi Jawa Tengah Sugiri SH memberitakan secara terinci adanya 327 aliran di Jawa Tengah.
  • 1974. Pengakuan resmi dalam ketetapan IV MPR 22 Maret 1973 denan rumusan: “Atas Kepercayaan Bangsa Indonesia terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Maka peri kehidupan beragama dan perikehidupan berkepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa didasarkan atas kebebasan menghayati dan mengamalkan ketuhanan yang Maha Esa sesuai dengan Falsafah Pancasila.
  • Pembangunan Agama dan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa ditujukan untuk Pembinaan suasana hidup rukun diantara sesama umat beragama dan semua penganut Kepercayaan terhadap Tuhan Yang maha Esa serta meningkatkan amal dalam bersama-sama membangun masyarakat (Pra Pelita II D,b.1-2).
  • 1974. Undang-Uandang Perkawinan Baru mengakui sahnya perkawinan yang dilaakukan menurut Hukum Kepecayaan (Ps.2).
  • 1975. 25 Juni Sidang Kabinet bidang Kesejahteraan Rakyat memutuskan bahwa bagi formulir KTP maupun formulir lainya yang haya mencantumkan kolom agama, untuk seterusnya harus diubah menjadi kolom Agama/Kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa”. Keputusan ini berdasar ketentuan dalam UUD 45 bab XI pasal 29 yang menjamin kemerddekaan agama tidap-tiap penduduk.
Dengan keputusan ini penjajahan kolonial di bidang kepercayaan, yang mulai pada tahun 1895 dan masih berlangsung 30 tahun dalam Indonesia merdeka, akhirnya hapus. Diskriminasi terhadap agama-agama yang merupakan buah kerohanian asli oleh paksaan akibat kondisi keagamaan, yang selama ini bertentangan dengan kenyataan, kini juga bertentangan dengan tata hukum pula.

Comments

Popular posts from this blog

PRIMBON JAWA LENGKAP

BUBUR MERAH PUTIH UNTUK SELAMATAN WETON

UPACARA ADAT MITONI ( 7 BULAN KEHAMILAN )